Berita

Puluhan Ribu Hektar Karet di Sarolangun Perlu Peremajaan

IT Team | Senin, 04 September 2017 - 09:08:25 WIB | dibaca: 1012 pembaca

Jambi, Komoditi andalan di Kabupaten Sarolangun yakni karet, ternyata sebagian besar kurang produktif. Data yang diperoleh awak media dari Dinas Pertanian Sarolangun, sekitar 31.062 hektar kebun karet di Sarolangun rusak dan perlu peremajaan.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Joko Susilo, Kepala Dinas Pertanian. Kata Dia, usia puluhan ribu karet tersebut sudah lebih dari 35 tahun.

"Iya benar, ada puluhan ribu hektar tanaman karet di Sarolangun yang perlu peremajaan. Ada yang rusak karena tua, ada juga rusak karena terserang penyakit," kata Kadis Pertanian.

Dijelaskannya, data yang ada Dinas Pertanian pada 2016 lalu, jumlah perkebunan karet di Sarolangun, sekitar 126.757 hektar. Dan sekitar 31.126 hektar kebun karet masuk dalam kategori tanaman  belum menghasilkan. Sementara luas perkebunan karet yang menghasilkan baru mencapai 64 ribu hektar.

"Dari sepuluh kecamatan di Sarolangun, Kecamatan Mandiangin tercatat memiliki luas perkebunan karet terbanyak, totalnya mencapai 29.754 hektar," paparnya.

Dan untuk APBD Perubahan 2017 ini kata Joko, Pemerintah Provinsi Jambi akan mengalokasikan bantuan bibit karet untuk peremajaan 400 hektar di lima wilayah Kecamatan, yakni Kecamatan Sarolangun, Kecamatan Mandiangin, Kecamatan Pauh, Kecamatan Singkut, dan Kecamatan Air Itam.

"Sekarang masih tahap Identivikasi calon petani calon lokasi. Kalau verifikasi lahannya sudah selesai kita akan serahkan ke Pemrov," urainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : JAMBIUPDATE.CO





Komentar Via Website : 1
penyebab bau mulut dan cara mencegahnya
15 Mei 2019 - 11:15:26 WIB
terimakasih informasinya
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)