Berita

Kelapa Sawit Subsektor Strategis Bagi Indonesia

IT Team | Selasa, 19 September 2017 - 10:58:23 WIB | dibaca: 486 pembaca

Jakarta, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono, menyatakan dengan sumbangan devisa mencapai US$18,50 miliar setiap tahunnya maka kelapa sawit merupakan subsektor strategis bagi Indonesia. 

"Apalagi, subsektor kelapa sawit juga menyerap lebih dari 5 juta tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah-wilayah pinggiran. Karena itu, kami setuju tata kelola perkebunan kelapa sawit harus berkelanjutan," katanya kepada pers di Jakarta, Senin (18/9).

Selama ini, menurut Joko, negara-negara di Uni Eropa dan Amerika menyoroti tata kelola perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

"Di sisi lain, permintaan minyak sawit dari kedua wilayah tersebut terus meningkat. Pada semester I tahun ini, ekspor ke Uni Eropa 2,7 juta ton atau meningkat 42% dari periode yang sama tahun lalu," papar dia.

Sedangkan produksi minyak sawit nasional sepanjang tahun ini mencapai 36 juta ton, atau lebih tinggi dari perkiraan semula yang hanya 35 juta ton. Kondisi cuaca yang mendukung menjadi pemicu utama membaiknya produksi minyak sawit 2017. 

Pada semester I tahun ini, produksi komoditas perkebunan tersebut telah mencapai 21 juta ton.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : IMQ21.COM





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)