tata kelola

Good Corporate Governance

IT Team | Rabu, 20 Januari 2016 - 16:45:55 WIB | dibaca: 1176 pembaca

Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) adalah prinsip-prinsip yang mendasari suatu proses dan mekanisme pengelolaan perusahaan berlandaskan peraturan perundang-undangan dan etika perusahaan.

Good Corporate Governance (GCG) adalah salah satu pilar dari sistem ekonomi pasar. GCG berkaitan erat dengan kepercayaan baik terhadap perusahaan yang melaksanakannya maupun terhadap iklim usaha di suatu negara. Penerapan GCG mendorong terciptanya persaingan yang sehat dan iklim usaha yang kondusif. Oleh karena itu diterapkannya GCG oleh Perusahaan sangat penting untuk menunjang pertumbuhan yang berkesinambungan. Penerapan GCG juga diharapkan dapat menunjang upaya pemerintah dalam menegakkan good corporate governance pada umumnya di Indonesia.

Pelaksanaan penilaian penerapan GCG pada prinsipnya dilakukan oleh penilai (assessor) independen yang ditunjuk oleh Dewan Komisaris melalui proses sesuai dengan ketentuan pengadaan barang dan jasa di Perusahaan, dan apabila diperlukan dapat meminta bantuan Direksi dalam proses penunjukannya.

Apabila dipandang lebih efektif dan efisien, penilaian penerapan GCG dapat dilakukan dengan menggunakan jasa Instansi Pemerintah yang berkompeten di bidang GCG.

Pelaksanaan evaluasi pada prinsipnya dilakukan sendiri oleh BUMN yang bersangkutan (self-assessment), yang pelaksanaannya dapat didiskusikan dengan atau meminta bantuan (asistensi) oleh penilai independen atau menggunakan jasa Instansi Pemerintah yang berkompeten di bidang GCG.

 

Pelaksanaan penilaian dan evaluasi dilakukan dengan menggunakan indikator/parameter yang ditetapkan dalam Keputusan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-16/S.MBU/2012.

Dalam hal evaluasi dilakukan dengan bantuan penilai independen atau menggunakan jasa Instansi Pemerintah yang berkompeten di bidang GCG, maka penilai independen atau Instansi Pemerintah yang melakukan evaluasi tidak dapat menjadi penilai pada tahun berikutnya.

 

Sebelum melaksanakan penilaian, penilai/assessor independen yang melakukan penilaian GCG menandatangani perjanjian kesepakatan kerja dengan Direksi Perusahaan yang sekurang-kurangnya memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak, termasuk jangka waktu dan biaya pelaksanaan penilaian.

Hasil pelaksanaan penilaian dan evaluasi dilaporkan kepada RUPS/Menteri bersamaan dengan penyampaian Laporan Tahunan.

 

Berikut skor asesmen implementasi GCG PT Perkebunan Nusantara VI untuk 5 (lima) tahun terakhir:

Tahun

PTPN VI

2010

2011

2012

2013

2014

Skor GCG

78.43

78.43

80.04

82.57

82.56

Assessor

Perw BPKP Prov Jambi

Perw BPKP Prov Jambi

Self-Assessment

Perw BPKP Prov Jambi

Self-Assessment





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)