Berita

BUMN Rugi Tinggal 15 Perusahaan

IT Team | Kamis, 26 Januari 2017 - 08:49:00 WIB | dibaca: 220 pembaca

Jakarta

, Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno mengatakan, total kerugian BUMN pada 2016 turun dari Rp11 triliun menjadi Rp6 triliun dengan jumlah BUMN rugi dari 21 menjadi 15 BUMN. 

Pada tahun yang sama, total aset BUMN membesar sekitar 9,8% atau mencapai Rp6.325 triliun dibandingkan 2015. Kenaikan aset ini antara lain dipengaruhi oleh meningkatnya investasi BUMN yang salah satunya dibiayai dengan tambahan PMN.

"Dengan kinerja BUMN yang semakin membaik tersebut, saya berharap ELP ini dapat dijadikan ajang untuk semakin memacu kinerja BUMN menjadi perusahaan kelas dunia," kata Rini melalui siaran pers yang diterima Rabu (25/1).

Oleh sebab itu, ia mengharapkan pemimpin perusahaan BUMN harus memiliki intuisi bisnis yang tajam, pro kerakyatan, serta berwawasan global.

"Executive Leadership Program (ELP) merupakan forum kepemimpinan yang diselenggarakan untuk menciptakan human capital BUMN yang berkarakter kuat, bersih dan mengedepankan nurani," ujarnya.

Ia mengharapkan melalui program ini dapat menghasilkan sumber daya manusia BUMN dengan kepemimpinan yang visioner, professional dan memiliki wawasan kebangsaan serta meningkatkan daya saing BUMN melalui pengembangan sinergi antar BUMN. 

ELP juga merupakan upaya untuk memperkuat efektivitas kepemimpinan yang berkesinambungan dalam menghadapi kompetisi global. Program ini dinilainya menjadi sangat penting jika peran BUMN semakin vital dalam menjalankan fungsinya sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai. 

ELP diikuti oleh seluruh direksi BUMN, direksi bekas BUMN, direktur utama anak perusahaan BUMN tertentu, direktur utama perusahaan minoritas BUMN tertentu, dan komisaris utama dari 7 BUMN yakni Pertamina, Bank Mandiri, Telkom, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Pelindo II, dan Waskita Karya. Selain itu, program ini juga diikuti oleh para pejabat eselon I & II Kementerian BUMN.

ELP terdiri atas 3 rangkaian, yakni batch 1 pada 2-4 Maret, batch 2 pada 9-11 Maret, serta batch 3 pada 16-18 Maret mendatang. Metode ELP akan memadukan seminar, diskusi dan perkuliahan di kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : IMQ21





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)