Home | E-Procurement | Karir | Hubungi Kami | News Alert | Peta Situs

Informasi & Berita

PTP. Nusantara VI (Persero) berdiri pada tanggal 13 Maret tahun 1996, merupakan hasil dari penggabungan PTP.III, PTP.IV, PTP.VI dan PTP.VIII yang berada di wilayah Propinsi Sumatera Barat dan Propinsi Jambi, sesuai dengan peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.: 11 tahun 1996 tanggal 14 Pebruari 1996. Selanjutnya disahkan oleh Notaris Harun Kamil, S.H berdasarkan Akta No. 39 tanggal 11 Maret 1996 serta Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No. C2-8334.HT.01.01 Tahun 1996 dan akte Notaris Sri Rahayu Hadi Prasetyo, SH Jakarta No.19 tahun 2002 tanggal 30 September 2002, kantor Direksi PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) berkedudukan di Jambi.

PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) adalah perusahaan yang memiliki perkebunan dengan total luas mencapai 90.122,14 hektar. Bidang usahanya meliputi pengelolaan 17 unit perkebunan meliputi budidaya kelapa sawit, karet, dan teh, serta pabrik berteknologi modren yang terdiri dari ; 4 unit pabrik pengolahan kelapa sawit, 3 unit pabrik pengolahan karet, 2 unit pabrik pengolahan teh yang menghasilkan produk berkualitas.

PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) memiliki karakteristik usaha yang spesifik, dibandingkan perusahaan perkebunan lainnya. Terlihat dari komposisi pengelolaan 65,76% kebun plasma dan 34,24% kebun Inti, sehingga dibutuhkan kepiawiaan pengelolaan dan tanggung jawab yang lebih kompleks.Kendati demikian, manajemen senantiasa meletakkan kebijakan yang bertujuan memelihara dan mengembangkan aset bangsa agar dapat memberikan manfaat lebih besar bagi stakeholders, karyawan dan masyarakat.

PT Perkebunan Nusantara VI (Persero) tidak semata bertujuan pada keuntungan, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar dan pembangunan ekonomi daerah melalui program kemitraan dan bina lingkungan. Semua upaya ini selain utnuk menaikkan nilai ekonomis perusahaan juga sebagai bukti pengabdian dan kepedulian pada tercapainya cita-cita untuk mengangkat harkat dan citra Negara Indonesia di mata dunia internasional.

Visi dan Misi

Visi PTP Nusantara VI (Persero) adalah :

Menjadi Perusahaan agribisnis berbasis kemitraan terdepan di Indonesia”.

Misi Perusahaan adalah

  • Mengelola bisnis kelapa sawit, teh dan HTI karet secara profesional untuk menghasilkan produk berkualitas yang di kehendaki oleh pasar
  • Menumbuh kembangkan prinsip kemitraan usaha sebagai basis dalam pengelolaan bisnis untuk mencapai kinerja unggul
  • Melaksanakan kemitraan yang serasi dan berkesinambungan,
  • Memposisikan karyawan sebagai pilar utama organisasi dan mitra usaha serta stakeholder lainnya sebagai pendukung dalam menciptakan nilai perusahaan
  • Memegang prinsip tata kelola yang baik dan nilai-nilai luhur perusahaan dalam berperilaku dan dalam mengelola bisnis perusahaan.

Sejalan dengan visi dan misi diatas, perusahaan bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip usaha yang sehat dan mampu meraih keuntungan secara optimal serta memberi manfaat kepada stakeholder.

Budaya Perusahaan

Budaya organisasi yang dikembangkan oleh PTPN VI pada tingkat perusahaan adalah respek, team work, kebersamaan, keterbukaan dan kepemimpinan transformasional sehingga membuat seluruh insan perusahaan menjadi SDM yang profesional dengan karakter kompeten, peduli, kerja keras, komit, semangat dan tanggung jawab.